Labels

Introduce (1) Lyrics (3) my thoughts (3) poetry (2) Recipes (1) Travel (10) Video (1) whatever (4)

Sunday 8 August 2010

Runaway ke Karimunjawa

Berangkat dari Surabaya hari Jumat malam tgl 23 Juli naik travel jam 21.00 ke Semarang. Aku berangkat dari Surabaya sendirian aja dan kebetulan penumpang di travel itu juga aku sendiri gak ada penumpang yang lain. Agak kuatir juga sih hehehe..kan perjalanan malam,terus kalo tiba2 pak sopirnya macam2, gimana hayo? Tapi ternyata kekuatiranku itu tidak terjadi dan ternyata bapak sopirnya baik dan sopan kok selain itu dia juga pintar cari jalan hehe.. Ceritanya waktu perjalanan di daerah Rembang macet total tuh ,gak bisa jalan sama sekali tapi dengan keahliannya menyetir ,dia bisa lewat mepet2 ambil jalan tanah di jalur kiri maupun kanan sampai akhirnya ketemu jalan alternative,jalan deh kita lewat sana.
Sampai di Semarang jam 6.30 pagi langsung menuju ke pelabuhan Tanjung Mas. Sebenarnya rencana sih aku mau ke Ungaran dulu ke tempat Intan (temanku) kalo travelnya masuk Semarangya sekitar jam 4-an pagi tapi berhubung dah terlambat ya langsung deh ke pelabuhan.

Sampai di pelabuhan aku nunggu Intan & Dewi (temannya Intan) di terminal penumpang dan kira2 jam 7-an mereka datang , langsung kita menuju ke tempat pemberangkatan Kapal Kartini I jurusan Karimunjawa. Sampai disitu ternyata sudah banyak para penumpang yang menunggu dan banyak turis asing juga. Kebanyakan dari mereka ikut paket tur ke Karimunjawa termasuk kita juga.
Tepat jam 9 pagi kapal berangkat ke Karimunjawa. Perjalanan ditempuh + 4 jam . Waktu itu ombak lumayan agak besar jadi kita sempat merasa mual dan mau muntah ,untung setelah ditahan2 akhirnya gak sampai muntah, malu kalo sampai muntah hehe…tapi kalau udah terpaksa ya mau gimana lagi..
Kapal Kartini I yang membawa kita ke Karimunjawa sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Mas,Semarang
Selamat datang di Karimunjawa

Sekitar Jam 13.00 kita sampai juga di Karimujawa dan langsung di antar ke hotel untuk makan siang dan istirahat sebentar sebelum berangkat lagi menyusuri pulau2 untuk snorkeling atau berenang. Tepat jam 14.30 kita dijemput ke dermaga untuk naik perahu. Kita menuju ke pulau Gelam dan dalam perjalanan kesana kita berhenti dulu di salah satu spot untuk snorkeling. Alat snorkelingnya tidak termasuk dlm paket tur jadi kita harus sewa dengan harga sewa 35 ribu..
Setelah peralatan snorkeling dipakai semua ,nyebur deh kita..tapi Dewi gak mau nyebur gak tau kenapa.. Di spot ini terumbu karangnya lumayan bagus tapi waktu itu gak banyak ikannya jadi kita cuma banyak lihat karang2 aja dan bulu babi hehe..ombaknya juga agak besar jadi agak susah juga buat snorkeling maklum masih pemula..hik.
Waktu untuk snorkeling pun sudah habis ,perjalanan dilanjutkan lagi ke pulau Gelam. Kita menghabiskan waktu di Pulau Gelam sambil menunggu sunset. Pulaunya bagus apalagi waktu sunset..bagus bener.. Kita puas2in foto2 ,berenang dan menikmati sunset di pulau ini sampai tiba waktunya untuk kembali ke Karimunjawa.
Pulau Gelam
Sunset di pulau Gelam
Setiba di hotel kita langsung mandi setelah seharian berkutat dengan air laut sampai2 badan kita rasanya asin semua ,tinggal dimasukin ke minyak goreng panas jadi gurih dan renyah deh rasanya daging kita..hiiii… Makan malam sudah disiapin pihak hotel ,kita tinggal makan aja. Perut sudah kenyang tapi badan masih belum capek so kita memutuskan untuk menghabiskan malam di alun-alun. Dari hotel ke alun-alun cuma jalan sebentar aja dan di dekat hotel juga ada kios-kios tempat jualan souvenir dan kaos. Di alun-alun banyak orang jual makanan dan ada layar tancap juga,suasana malam itu rame banget karena memang pas weekend , penduduk local maupun turis-turis kumpul jadi satu disitu dan ternyata banyak juga turis2 bule yang mau makan dipingir jalan hehehe… padahal mereka kan biasanya menjaga banget soal kebersihan,atau mungkin mereka sudah kepepet ya atau mungkin malah menikmatinnya? Coz hiburan malam umum yang ada di Karimunjawa ya itu aja dan di Negara mereka gak ada yang seperti itu..hehe.. tak tau lah..sekitar jam 10 malam layar tancap udah selesai dan bersamaan dengan itu banyak penjual yang memberesin jualannya dan sadarlah kita bahwa waktu kita hanya sampai jam 10 malam aja dan harus balik lagi ke hotel , tidur karena besok harus bangun pagi jam 5 buat lihat sunrise di Nirwana Beach.
Pagi-pagi jam 4.30 kita sudah bangun siap2 berangkat ke Nirwana Lodge untuk lihat sunrise di pantai. Jam 5 pagi kita diantar ke Nirwana Lodge ,sampai disana masih gelap. Setelah menunggu beberapa saat keadaan di pantai agak terang tapi sunrise yang kita tunggu dari tadi ternyata belum muncul juga coz pagi ini mendung huu.. kecewa sih tapi mau gimana, so waktunya kita habiskan buat foto2 lagi deh.. Pantai ini bagus banget,pasirnya putih dan banyak pohon kelapa nya juga suasana waktu itu masih sepi . Belum puas menikmati keindahan pantai ini,kita sudah dipanggil untuk kembali lagi ke hotel untuk sarapan dan persiapan berangkat snorkeling lagi.
Nirwana beach

Nirwana Beach

Berhubung sunrise yg kita tunggu tak kunjung tiba ya kita sendiri aja yg berfoto2 di Nirwana beach
Jam 8 pagi kita berangkat naik glass bottom boat untuk meliha keindahan bawah laut dari perahu dalam perjalanan ke spot snorkeling di sekitar pulau Karimunjawa besar dan Karimunjawa kecil. Spot kali ini ombaknya tenang dan banyak ikannya,kita bisa membawa roti dan memberi makan ikan disini sambil bersnorkeling. Disini juga banyak ubur-ubur ,kecil-kecil sih tapi sering kena sengat juga seperti digigit semut rasanya.. Oya Dewi kali ini ikut nyebur dan sialnya kakinya menginjak bulu babi yang banyak bertebaran disekitar karang dan langsung ditolong oleh snorkeling guidenya,untungnya sih gak sampai parah, Kata guide nya untuk mengobati luka bulu babi cukup pakai air kencing so jadi deh Dewi kencing di kaki nya hehe..

Bawah laut sekitar Karimujawa
Kaki Dewi yg kena bulu babi (perhatikan bintik2 hitam bekas racun bulu babi yg belum bisa keluar)
Habis snorkeling kita berangkat ke tempat penangkaran hiu, disana kita bisa berenang dengan ikan-ikan hiu di kolam. Gak usah khawatir deh berenang disitu karena hiu nya masih kecil dan udah kenyang jadi gak akan menggigit kita..selain hiu disitu juga ada beberapa ikan laut hias,penyu dan bintang laut.
Ikan hiu di kolam penangkaran
Jam pun sudah menunjukkan waktu hampir jam 12 siang dan guide pun sudah berteriak ke kita untuk kembali ke perahu dan kembali ke hotel karena jam 2 siang kapal yang membawa kita kembali ke Semarang akan berangkat. Kali ini adalah giliran aku yang ketiban sial,dalam perjalanan menuju perahu kita harus melewati jalan2 yg terbuat dari papan dimana sebagian papannya gak rapat dan ada celahnya,nah disaat aku berjalan itu aku terpeleset dan akhirnya terperosok. Kaki ku masuk diantara papan itu dan langsung aku tarik lagi keatas sehingga kakiku sakit sekali dan memar-memar serta bengkak dan juga jadi perhatian peserta tour yang lain.
Kaki ku yg bengkak dan memar akibat terperosok
Kelar mandi dan beres-beres serta makan siang dan beli kaos di dekat hotel,kita pun dijemput ke dermaga dan naik perahu ke Semarang. Jam 2 siang kapal bertolak dari Karimunjawa menuju Semarang dan sekitar jam 6-an kapal sampai di pelabuhan Tanjung Mas. Di pelabuhan sudah menunggu keluarga Intan yang menjemput dan sekalian mengantar aku ke kantor bis malam Safari coz perjalanan ke Surabaya aku tempuh pakai bis malam ini dan tentu saja dengan kaki ku yang sakit ini. Aku hanya berdoa semoga sampai di Surabaya dengan aman dan tidak terjadi apa-apa sama kaki ku ini.Sampai di Surabaya jam 5 pagi aku langsung naik taxi coz untuk naik bis kota kaki ku sudah gak kuat lagi dan sudah tambah besar bengkaknya hehehe… oleh-oleh dari Karimunjawa..kaki bengkak.
Info : - Travel Surabaya – Semarang Rp. 110.000 kalau ke Ungaran + Rp.25.000
-Paket Tour Karimunjawa Rp. 750.000 ( sudah termasuk Transport kapal Semarang- Karimunjawa pp,Hotel Duta Karimun,makan,tour keliling pulau, belum termasuk biaya sewa alat snorkeling)
-Sewa alat snorkeling Rp.35.000 / hari
- Bis malam Semarang – Surabaya Rp.90.000
- Hotel tempat kita menginap berada di perkampungan penduduk , kalau mau ke alun-alun dekat dan juga kalau pagi-pagi mau ke pasar juga dekat. Masakan di hotel ini enak.